Istilah Backlink dalam SEO

Internet sudah menjadi kebutuhan dari masyarakat modern. Kebutuhan akan internet dipengaruhi oleh semakin canggihnya gawai-gawai atau gadget yang berkembang di dunia ini. Internet memang memudahkan kita dalam mencari informasi mengenai sesuatu. Hal ini ditunjang dengan kehadiran mesin pencari. Mesin pencari merupakan sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan pencarian web (pencarian Internet), yang berarti untuk mencari World Wide Web dengan cara sistematis untuk informasi tertentu yang ditentukan dalam permintaan pencarian web. Salah satu mesin pencari yang paling terkenal adalah Google. Dengan mengetikkan hal yang ingin Anda cari di Goggle, Anda dapat langsung melihat hasil-hasil dari pencarian yang berkenaan dengan kata kunci yang Anda ketikkan dengan jumlahnya mencapai puluhan juta yang hanya didapatkan dalam waktu tidak lebih dari satu detik.

Bagi masyarakat yang asing dengan dunia I.T (information technology), hal di atas mungkin sulit dicerna. Nyatanya, masih banyak istilah-istilah yang berkaitan dengan dunia I.T yang mungkin belum pernah Anda dengar, salah satunya yaitu backlink. Backlink adalah tautan yang didapat suatu situs web dari situs web lain. Tautan balik membuat dampak besar pada keunggulan situs web dalam hasil mesin pencari. Inilah sebabnya mengapa mereka dianggap sangat berguna untuk meningkatkan peringkat SEO situs web. SEO sendiri merupakan singkatan dari search engine optimalization, yaitu adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Mesin pencari menghitung peringkat menggunakan beberapa faktor untuk menampilkan hasil pencarian. Tidak ada yang tahu pasti berapa banyak bobot yang diberikan mesin pencari kepada backlink saat mendaftar hasil, namun yang kami tahu pasti adalah bahwa mereka sangat penting.

Tautan balik harus alami, ini berarti bahwa situs web tidak boleh menggunakan cara buatan untuk membuat tautan balik untuk situs web mereka sendiri. Kualitas tautan jauh lebih penting daripada kuantitasnya. Karena pentingnya backlink, ada banyak praktik buruk yang diikuti oleh pemilik situs web untuk mendapatkan backlink. Beberapa praktik buruk ini adalah: membeli backlink, jaringan pertukaran tautan, menjual backlink, dll. Sebagian besar praktik ini tidak direkomendasikan oleh mesin pencari. Mereka biasanya melakukan deindex dan menghukum situs web yang diduga terlibat dalam praktik semacam itu.
Bagi Anda yang memiliki suatu website, Anda mungkin membutuhkan backlink agar website ada dikunjungi lebih banyak dan mendapat tempat teratas pada kolom hasil pencarian mesin pencari. Banyak yang menawarkan jasa backlink untuk meningkatkan popularitas dari suatu website. Biasanya, beberapa perusahaan SEO disewa oleh pemiliki website untuk menggunakan jasa backlink-nya. Jika website Anda baru, maka penyedia jasa backlink profesional akan membantu Anda dalam menyusun kontek menarik untuk website Anda. Menyewa jasa backlink merupakan cara termudah untuk mempopulerkan situs Anda.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *