CARA MERAWAT FREON AC

Freon AC harus melakukan Perawatan AC atau bahasa kerennya maintenence AC adalah salah satu cara agar sistem kerja AC tetap awet dan tahan lama sehingga dapat meminimalkan biaya/cost. Karena untuk pengadaan AC (arircorn system) perlu dana yang tidak sedikit.

Nah supaya AC tetap menghasilkan suhu dan kelembaban yang ideal, tentu butuh perawatan. Salah satunya dengan membersihkan saringan udara pada AC merupakan komponen awal.

Jenis perawatan AC (freon AC) :

a. Perawatan rutin ringan
biasanya dilakukan pada AC di rumah dilakukan antara dua minggu sampai satu bulan sekali. Lamanya waktu perawatan ini sangat tergantung pada lokasi rumah. Bila lokasi dekat dengan jalan raya atau berada dalam lingkungan padat, sebaiknya perawatan ringan dilakukan dua minggu sekali. Demikian pula bila cuaca panas sekali. Karena biasanya diikuti dengan debu yang banyak bila rumah berada di lingkunan yang relatif bersih, jarak perawatan rutin dapat lebih panjang, kurang lebih satu bulan. Adapun perawatan lengkap dapat dilakukan 3-4 bualan sekali.

b. Perawatan besar
Ini meliputi pembersihan seluruh komponen indoor dan outdoor. Sekaligus mengecek tekanan freonnya untuk mengetahui apakah terjadi kebocoran pada freon AC atau tidak. Perawatan freon AC menjadi bagian yang sangat penting. Demi kesehatan, ruangan ber-AC juga disarankan tetap menyisakan sedikit ventilasi untuk sirkulasi udara.

7 cara merawat AC di rumah agar awet!

1. Sebelum kamu membeli AC, ada baiknya kamu mengetahui ukuran paardekracht (PK) AC. Kamu juga harus mengetahui ukuran ruangan agar di sesuaikan dengan ukuran PK AC. Jika ukuran PK terlalu lebih besar daripada ukuran ruangan maka AC akan terlalu dingin. Sebaliknya, jika PK terlalu kecil daripada ukuran ruangan maka AC akan terasa sedikit dingin dan mesinnya akan bekerja keras untuk mendinginkan ruangan.
2. Jika menyalakan AC usahakan ruangan tertutup dengan rapat. Hal ini di tujukan agar AC tidak bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan dan ruangan terasa sejuk lebih cepat.
3. Apabila bepergan ada baiknya kamu mematikan AC, Selain kamu menghemat energi, kamu juga menghemat uang pengeluaran.
4. Gunakan fitur timer ketika mnyalakan AC sesuai dengan kebutuhan. AC sebaiknya dinyalakan paling lama 5 jam dan setelah itu istirahat mendinginkan mesin, maka dari itu, selama menggunakan AC gunakanlah fitur timer agar mesin AC bisa terjaga dengan baik.
5. Sebaiknya jangan terlalu sering mengatur suhu AC menjadi di bawah 22derajat celcius, karena jika terlalu sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius akan membuat mesin AC cepat panas.
6. Lakukan pembersihan secara rutin untuk bagian AC.
7. Sebaiknya kamu cek freon dalam AC , jika freon mengalami bocor atau pengurangan maka AC akan menjadi kurang dingin. Sebaiknya setiap 6 bulan kamu adakan pengecekan Polarin Xinindo

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *